Selasa, 10 November 2020

Eye Strain - Mimpi Buruk Pengguna Komputer

 Sejak memulai bisnis online beberapa bulan yang lalu, saya telah menghabiskan banyak waktu di depan komputer, benar-benar menikmati proses pembuatan bisnis. Bulan lalu, mataku mulai terbakar 

dan kabur. Cahaya terang memperburuk masalah. Air mata mengalir di pipi saya dan dengan memalukan, hidung saya terus mengalir. Saya adalah pemandangan. Saya membuat janji dengan dokter 

mata memikirkan yang terburuk. Dia bilang mata saya baik-baik saja, saya hanya perlu resep kacamata baru karena mata saya sedikit berubah dan saya perlu obat tetes mata untuk mengatasi kekeringan.

Gelas dan tetes baru di tangan, saya merasa sedikit lebih baik. Saya kembali ke komputer saya untuk memilih dokter mata yang tepat bekerja tetapi tidak ada perbedaan. Mataku masih terbakar. Saya pikir, oke, itu pasti sesuatu yang saya lakukan. Dengan mata kabur dan berkaca-kaca, saya mulai mencari informasi tentang mata, alergi, dan mekanisme tubuh dan apa pun yang tampaknya relevan. Saya tidak bisa terus seperti ini.

Satu artikel yang saya baca dari Dewan Visi mendefinisikan "ketegangan mata digital" sebagai cedera regangan berulang terkait komputer yang paling umum, melebihi terowongan karpal dan tendonitis. Yang mereka gambarkan: iritasi mata, kekeringan, penglihatan kabur, kelelahan umum, sakit punggung atau leher, dan sakit kepala, adalah gejala yang saya alami. Saya tercengang. Saya menderita ketegangan mata digital. Aku menghela nafas lega, tapi sekarang setelah aku mengetahuinya, apa yang harus kulakukan. Saya pergi mencari informasi lebih lanjut tentang mata.

Cara mata manusia bekerja adalah keajaiban desain dan fungsinya. Seperti kamera, mata memiliki bukaan untuk membiarkan cahaya masuk (pupil), lensa, kotak untuk menampung cahaya (bola mata) dan permukaan tempat gambar direkam (retina). Tidak seperti kamera, gambar tidak dapat dicetak tetapi ditransfer ke wilayah oksipital (belakang kepala) otak Anda melalui jaringan saraf. Itu semua terjadi dalam nano-detik.

Ketika seseorang melihat sesuatu, otot-otot kecil di dalam mata bekerja pada lensa untuk membuatnya lebih gemuk atau lebih tipis sehingga gambar mendarat di retina di bagian belakang bola mata untuk memastikan fokus. Otot kecil juga bekerja pada pupil mata membuat bukaan lebih besar atau lebih kecil, tergantung pada jumlah cahaya yang tersedia. Otot yang lebih besar di bagian luar bola mata menggerakkan mata ke samping, ke atas dan ke bawah serta secara diagonal. Otot-otot inilah yang menciptakan masalah ketika seseorang menatap komputer selama berjam-jam. Sebagai contoh, ambil benda kecil, tidak ada yang berat, sekarang pegang benda tersebut di atas kepala Anda. Itu cukup mudah tetapi tahan di sana selama dua sampai empat jam dan otot akan lelah, mulai sakit dan mungkin bergetar. Kelelahan otot semacam itu terjadi pada mata Anda ketika Anda menatap komputer selama berjam-jam. Ketegangan pada otot-otot kecil yang menahan pupil, lensa dan bola mata di tempat akan menyebabkan pengaburan, kekeringan dan nyeri. Berbekal informasi ini, saya mencari cara untuk menyelesaikan masalah dan tetap produktif.

Jawabannya ada pada perubahan area kerja kantor dan kebugaran fisik mata. Saya menggunakan langkah-langkah berikut:

Saat menggunakan komputer, alihkan pandangan dari layar setiap 15 hingga 20 menit agar otot mata bisa rileks dan fokus kembali. Tarik napas dalam beberapa kali, tahan masing-masing selama 5 hitungan dan lepaskan.

Berkedip sering untuk menyebarkan air mata dan membantu memfokuskan kembali mata.

Perkuat dan rilekskan otot mata dengan melihat persegi imajiner. Lihat ke bawah dan ke kiri, ke bawah dan ke kanan, lalu ke atas dan ke kanan, ke atas dan ke kiri, 3 kali lalu balik arah.

Duduk tegak dan pegang kepala dengan mantap. Pegang pena dengan panjang lengan dengan fokus pada ujung pena. Tarik napas dalam-dalam. Pindahkan pulpen sedekat mungkin ke hidung, lalu fokuskan kembali pada ujung pulpen. Ulangi 4 atau 5 kali. Jika Anda merasa sakit saat melakukan salah satu latihan, hentikan. Jika rasa sakit terus berlanjut, temui dokter Anda.

Lihatlah area kerja Anda. Saya duduk terlalu jauh dari komputer. Duduklah cukup dekat sehingga Anda bisa meletakkan telapak tangan di layar komputer. Duduklah di kursi yang menopang otot punggung Anda. Sesuaikan layar komputer agar tepat di depan Anda dan sedikit di bawah ketinggian mata. Jaga kebersihan layar. Debu meredakan cahaya dan menyebabkan silau. Jika layar masih terlalu terang, ubah pengaturan ke abu-abu terang.

Dewan Visi merekomendasikan memiliki sepasang kacamata terpisah hanya untuk pekerjaan komputer. Kacamata bisa dilapisi untuk mengurangi silau.

Apakah Anda memiliki bisnis komputer, menghabiskan banyak waktu untuk bermain game, menjadi cara meningkatkan visi anda pecandu Facebook atau membaca banyak email, jagalah mata Anda. Pada tanda pertama ketegangan mata, temui dokter Anda untuk memastikan Anda tidak memiliki masalah serius. Lihat juga lingkungan Anda dan buat penyesuaian agar waktu komputer Anda lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar